PENGERTIAN ARTI MAKNA TUBERKULOSIS

Macam ataupun Jenis Penyakit ada Ratusan sampe Ribuan,disini kita akan mengenal salah satu Penyakit TUBERKOLSIS.
Apa itu Tuberkulosis?
Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium tuberkulosis. Sebagian besar kuman TB menyerang paru, namun dapat juga mengenai organ tubuh lainnya.

Apa saja gejala Tuberkulosis?
Gejala umum TB Paru adalah batuk produktif lebih dari 2 minggu, yang disertai:
1. Gejala pernapasan, seperti : nyeri dada, sesak napas, batuk darah, dan/atau 
2. Gejala sistemik, seperti : demam, tidak nafsu makan, penurunan berat badan, keringat malam dan mudah lelah. 

Apakah setiap orang yang mengalami batuk berdarah berarti menderita TB?
Belum tentu, karena batuk berdarah dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, bisa karena penyakit paru-paru lainnya, karena adanya perdarahan di daerah hidung bagian belakang yang tertelan dan pada saat batuk keluar dari mulut atau karena anak batuk terlalu keras sehingga menyebabkan lukanya saluran nafas sehingga mengeluarkan darah.

Apakah batuk produktif lebih 2 minggu sudah pasti terdiagnosa Tuberkulosis?
Penegakan diagnosis TB tidak berdasarkan dari anamnesis gejala saja, melainkan juga dari pemeriksaan fisis oleh dokter klinik dan pemeriksaan penunjang.
Pemeriksaan Penunjang tersebut, antara lain :
1. Darah: limfositosis/ monositosis, LED meningkat, Hb turun.
2. Pemeriksaan mikroskopis kuman TB (Bakteri Tahan Asam/BTA) atau kultur kuman dari spesimen sputum/dahak sewaktu-pagi-sewaktu. 
3. Untuk TB non paru, spesimen dapat diambil dari bilas lambung, cairan serebrospinal, cairan pleura ataupun biopsi jaringan.
4. Radiologi dengan foto toraks PA-Lateral/ top lordotik.  Pada TB, umumnya di apeks paru terdapat gambaran bercak-bercak awan dengan batas yang tidak jelas atau bila dengan batas jelas membentuk tuberkuloma. Gambaran lain yang dapat menyertai yaitu, kavitas (bayangan berupa cincin berdinding tipis), pleuritis (penebalan pleura), efusi pleura (sudut kostrofrenikus tumpul). 

Bagaimana cara TB menular, melalui media apa saja?

Dan rata-rata berapa lama gejala timbul setelah orang terpapar kuman TB?
Pada umumnya adalah melalui percikan dahak penderita yang keluar saat batuk atau bersin bahkan air ludah penderita TB pun juga bisa menjadi media perantara, bisa juga melalui debu, alat makan/minum yang mengandung kuman TB. Kuman yang masuk dalam tubuh akan berkembangbiak, lamanya dari terkumpulnya kuman sampai timbulnya gejala penyakit dapat berbulan-bulan sampai tahunan.

Apakah merokok dapat menyebabkan TB?
Merokok dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga relatif akan mempermudah terkena TB.

Siapa saja yang beresiko tertular TB?
Beberapa kelompok orang yang memiliki resiko tertular TB antara lain : keluarga yang tinggal serumah, rekan kerja, lingkungan sekolah atau kuliah, dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.

Mengapa penderita TB harus berobat?
Karena tujuan pengobatan tersebut, antara lain :
1. Menyembuhkan, mengembalikan kualitas hidup dan produktivitas panderita.
2. Mencegah kematian akibat TB aktif atau efek lanjutan.
3. Mencegah kekambuhan TB.
4. Mengurangi penularan TB kepada orang lain.
5. Mencegah terjadinya resistensi obat dan penularannya.

Obat apa yang perlu dikonsumsi penderita TB?
Obat Anti Tuberkulosis : Isoniasid, Rifampisin, Pirasinamid, Etambutol, dan Streptomicin. Obat tersebut harus diberikan dalam bentuk kombinasi dari beberapa jenis obat, dalam jumlah cukup dan dosis tepat sesuai kategori pengobatan. Hindari penggunaan monoterapi. Pemakaian OAT-Kombinasi Dosis Tepat (KDT) / Fixed Dose  Combination (FDC) akan lebih menguntungkan dan sangat dianjurkan. Obat ditelan sekaligus (single dose) dalam keadaan perut kosong.

Mengapa pengobatan TB memerlukan waktu yang lama?
Karena bakteri TB dapat hidup berbulan-bulan walaupun sudah terkena antibiotika (bakteri TB memiliki daya tahan yang kuat), sehingga pengobatan TB memerlukan waktu antara 6 sampai 9 bulan. Walaupun gejala penyakit TB sudah hilang, pengobatan tetap harus dilakukan sampai tuntas, karena bakteri TB sebenarnya masih berada dalam keadaan aktif dan siap membentuk resistensi terhadap obat.

===========-------====================--------===============----======
PENGERTIAN ARTI MAKNA TUBERKULOSIS


Bagaimana bila penderita TB tidak mengkonsumsi obat secara teratur?
Hal ini akan menyebabkan tidak tuntasnya penyembuhan, sehingga dikhawatirkan akan timbul resistensi bakteri TB terhadap antibiotika sehingga pengobatan akan semakin sulit dan mahal.
Untuk menjamin keberhasilan pengobatan TB diperlukan kepatuhan pasien untuk berobat hingga selesai dan dilakukan dengan pengawasan langsung (DOT= directly observed treatment) oleh seorang pengawas menelan obat.
Kapan penderita TB diharuskan kontrol ulang?
Seorang penderita TB diharuskan kontrol ulang untuk mengetahui respons pengobatan tersebut. Indikator penilaian terbaik adalah pemeriksaan dahak berkala yaitu pada akhir tahap awal, bulan ke-5 dan akhir pengobatan.

Bisakah penyakit TB disembuhkan secara tuntas? Bagaimana caranya?
Penyakit TB bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran tenaga kesehatan untuk minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Apakah orang yang telah sembuh dari penyakit TB dapat terjangkit kembali?
Dapat, karena setelah sembuh dari penyakit TB tidak ada kekebalan seumur hidup. Jadi bila telah sembuh dari penyakit TB kemudian tertular kembali oleh kuman TB, maka orang tersebut dapat terjangkit kembali.

Apakah penyakit TB itu diturunkan secara genetik?
Tidak. Penyakit TB bukan merupakan penyakit turunan.
Maaf kalau ada Kekurangan Penulisan/ Pengertian,sebaiknya Konsultasi ke DOKTER Spesialis terdekat anda.
Facebook CommentsShowHide

0 comments