-->

TIPS SAMBIL MEROKOK TETAP SEHAT

SEHAT TIDAK MEROKOK,SAMBIL MEROKOK TETAP SEHAT..?
Bagaimana Pilihan Anda tentang Pilihan simalakama ini?

kesehatan merupakan harta yang paling berharga yang harus kita pelihara sebaik mungkin. Kesehatan juga merupakan nikmat terbesar yang diberikan oleh Sang Maha Pemberi Sehat kepada semua hambanya. Banyak orang yang melupakan hal itu. Mereka baru akan merasakan kalau sehat itu nikmat setelah mereka dilanda sakit.

Manfaat memiliki tubuh sehat antara lain; tidak mudah terserang penyakit, berat badan terjaga, tidak mudah lelah dan lesu, bersemangat, penampilan pun selalu prima. Dan pada akhirnya, semangat kerja kian meningkat. jadi salah satu kunci sukses hidup adalah memiliki Tubuh sehat, itu mutlak.

Sakit: seseorang dikatakan sakit apabila ia menderita penyakit menahun (kronis), atau gangguan kesehatan lain yang menyebabkan aktivitas kerja/kegiatannya terganggu. Walaupun seseorang sakit (istilah sehari-hari) seperti masuk angin, pilek, tetapi bila ia tidak terganggu untuk melaksanakan kegiatannya, maka ia dianggap tidak sakit, Pengertian sakit menurut etiologi naturalistik dapat dijelas- kan dari segi impersonal dan sistematik, yaitu bahwa sakit merupakan satu keadaan atau satu hal yang disebabkan oleh gangguan terhadap sistem tubuh manusia.

Masalah sehat dan sakit merupakan proses yang berkaitan dengan kemampuan atau ketidakmampuan manusia beradap-tasi dengan lingkungan baik secara biologis, psikologis maupun sosio budaya.
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

TIPS SAMBIL MEROKOK TETAP SEHAT
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Bagi perokok merokok dianggap bisa menghilangkan stres, kejenuhan dan beragam alasan lainnya. Merokok memperpendek usia .

Nyatanya, banyak juga mereka yang merokok berusia panjang. Nikotin akan menyebabkan seseorang ketagihan, ada sesuatu yang hilang, gelisah tidak bisa tidur, tidak konsentrasi serta kehilangan semangat. Semua hal itu segera hilang bila seseorang menghisap rokok kesayangannya.
Pendapat para perokok di atas untuk merasionalisasikan kebiasaan merokok itu menguntungkan , bukan sebaliknya. Rokok memang bukan barang baru , karena sudah ada sejak berabad-abad tahun sebelum masehi. Bahkan, kabarnya rokok sudah dikonsumsi orang sejak zaman batu.

Namun, kebiasaan merokok masih tetap saja berlangsung hingga saat ini. Padahal, sudah banyak penelitian, pengalaman, cerita rakyat, penyuluhan baik lewat media cetak maupun elektronik, melalui sekolah, pesantren, kelompok pengajian dan organisasi kemasyarakatan lain yang mengungkapkan merokok itu merusak dan merugikan kesehatan. Nikotinlah sebetulnya sebagai biang kerok. Jadi, karena nikotinlah seseorang sulit untuk berhenti merokok. Sebab, nikotinlah seseorang yang tadinya mulai berhenti merokok, kemudian kembali lagi merokok.

Anda tinggal pilih Saja:

SEHAT TIDAK MEROKOK, SAMBIL MEROKOK TETAP SEHAT

Memang tidak mudah untuk menghilangkan atau menghentikan kebiasaan merokok. Namun, yang lebih susah adalah bagaimana sambil merokok tetap sehat.
Penulis adalah perokok berat, meroko sudah ± 30 tahun lalu dalam niat ingin berhenti meroko karena tahu banyak sekali kerugain bagi perokok, sudah berbagai cara dilakukan untuk berhenti merokok, sangat sulit sekali tapi ingin tetap sehat di bawah ini adalah pengalaman saya untuk mempertahankan sehat, mudah - mudahan ada manfaatnya untuk anda perokok :


1. Biasakan makan 3 kali sehari dengan gizi berimbang :
Makanan berguna sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh atas kalori yang digunakan untuk beraktivitas.
Makan pagi biasanya tidak terlalu berat namun sarat protein dan nutrisi sebagai tenaga untuk memulai hari.Memakan makanan yang terdiri atas karbohidrat sangat baik untuk makan siang karena dapat
 menyuplai banyak energi yang dibutuhkan bagi tubuh. Makan malam merupakan ajang untuk berkumpul bersama keluarga oleh karena itu biasanya menu makan malam yang disiapkan cukup lengkap.

2. Biasakan minum air putih minimal enam gelas sehari :
cairan sangat penting untuk mendukung kelancaran metabolisme dan
reaksi kimia dalam tubuh.

 3. Biasakan berolahraga rutin :
Berolah raga seminggu dua kali ( kebetulan saya senang dengan bulutangkis hari rabu dan malam mingggu, saat bulan puasa bulutangkis dilakukan setelah sahalat tarawih) atau olahraga lain secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik.

4.Biasakan jauh stres :
 Rendahnya tingkat stres menjadi faktor penting tingginya kualitas kesehatan. Piknik, bercengkerama dengan teman-teman, dan melakukan kegiatan ringan yang menyenangkan diyakini dapat menghindari seseorang dari stres.

5. Biasakan tidur 8 jam dalam sehari :
Apabila karena kesibukan kerja pekerjaan sampai kurang tidur atau tidak tidur harus diganti dilain hari. Tidur merupakan suatu aktivitas pemulihan stamina tubuh, menghilangkan kepenatan dan salah satu penyegar otak yang alami. Selain itu ternyata tidur dapat memulihkan sel-sel otot, ginjal tulang susmsum, perut, dan otak. Jika ada bagian tubuh kita yang luka, patah tulang atau terpotong maka proses penyembuhan akan lebih cepat jika kita tidur. Tidur juga dapat mempercepat proses skurasi dan efisiensi mental. Pada saat kita sedang tidur, sel kulit akan terbagi membentuk sel-sel baru dua kali lebih cepat dari pada saat kita terjaga sehingga akan membuat kita tampak lebih muda jika kita cukup tidur

6.Biasakan berdoa setelah shalat wajib maupun sunat :
Sesudah shalat minta doa kepada Allah Swt. agar badan tetap sehat serta minta panjang umur. Kekuatan sebuah doa tergantung dari kekuatan iman kita. Iman diukur dari seberapa besar anda percaya kepada-Nya. Percaya bahwa Dia ada dan percaya bahwa Dia mampu melakukan segala sesuatu jika Dia berkehendak. Oleh karena itu doa orang yang percaya sangatlah dahsyat kuasanya.
======================== Demikianlah TIPS MEROKOK TETAP SEHAT ==========
Facebook CommentsShowHide

0 comments